Saturday, July 30, 2011

All About Writing

Kemaren pas lagi ngumpul majalah (Fortomagz) pulang sekolah, ternyata anggota kelas 10 udah ada yang masuk. Asiiiik!! Setidaknya majalah udah ada generasi penerusnya lah ya kalau nanti gue lulus (AMIN!). Nah pas lagi ngumpul, pemred gue ngenalin gue ke anak-anak kelas 10 kalau gue adalah orang yang paling banyak nulis artikel di majalah (waw). Dan abis itu, gue malah ditanyain tips-tips dan motivasi buat anak-anak kelas 10. Berhubung gue kemaren jawabnya agak nggak jelas, karena emang gue agak bingung kalau disuruh memotivasi secara langsung dan mendadak pula, gue persembahkan tulisan ini buat kalian anak kelas 10 dan buat siapa aja yang suka nulis. Cekidot!

 Banyak yang nanya sama gue sejak kapan sih gue suka nulis? Kenapa? Dan gimana caranya bikin tulisan yang bagus? Oke, di sini gue bakalan share tentang itu semua. Kalau ditanya sejak kapan, gue udah mulai suka nulis itu sejak SD-sekarang. Kalau ditanya alasannya sih ya itu tergantung dari dalam diri masing-masing. Gue pribadi suka nulis karena menurut gue nulis itu asik. Kalian bebas berekspresi lewat tulisan. Dan gue adalah orang yang sangat menghargai tulisan orang lain. Pada dasarnya, semua manusia itu punya bakat menulis. Tergantung bagaimana mereka mau melatih atau tidak bakat tersebut. Jangan pernah takut untuk menulis. Karena yang perlu diingat adalah nggak ada tulisan yang benar atau salah. Penilaian tulisan itu bersifat subjektif. Tergantung dari siapa yang menilai. Bagi gue pribadi, dalam menilai sebuah tulisan adalah tulisan yang baik dan kurang baik. Semua orang bisa menghasilkan tulisan yang baik. Dan jangan pernah lupa untuk terus belajar dan berlatih. Mustahil kalo lo baru pertama kali menulis tapi udah mau menghasilkan sebuah tulisan yang baik. Semuanya butuh proses. Nggak ada yang langsung jadi. Begitu pun dengan gue. Sedikit cerita, dulu tulisan-tulisan gue masih banyak banget yang kurang baik. Bahkan kalau sekarang gue baca-baca tulisan gue yang dulu, gue suka ketawa sendiri. Kok begini amat sih? Nggak usah jauh-jauh deh, contohnya di majalah (Fortomagz) aja. Gue gabung sama Fortomagz dari kelas 10 sampe sekarang kelas 12. Udah 4 edisi yang ada hasil tulisan gue. Dulu gue itu cuma bisa ngisi artikel tentang pantun yang “asal jadi” sama puisi yang masih jauh dari bagus dan sekarang gue udah bisa ngisi artikel dengan hasil pendapat gue sendiri. Lagi-lagi semuanya itu butuh proses. Pesan gue, sering-sering baca buku. Entah itu novel atau apapun. Karena dengan membaca, kalian bakalan dapet sesuatu yang baru lagi dan itu bisa mengembangkan ide kalian dalam menulis. Satu lagi, menulis itu bukan keturunan. Dalam silsilah keluarga gue, nggak ada yang jadi penulis. Tapi gue mau dan ingin jadi penulis (AMIN). Kembali lagi sama niat dan minat kalian masing-masing. Tulis apa yang mau kalian tulis dan jangan pernah mikir nantinya tulisan itu mau diapain. Karena tulisan itu, entah dalam bentuk apapun, pasti akan ada manfaatnya. Mulai dari menghibur orang lain, memberi informasi sampai dengan menghasilkan uang. Kalau kalian punya satu tulisan, jangan lupa minta pendapat sama orang lain. Entah sama teman, sahabat, atau orangtua. Dan jangan pernah down karena kritikan. Jadikan kritikan itu sebagai motivasi dan pembelajaran kalian supaya bisa bikin tulisan yang lebih baik lagi. Oya satu lagi yang perlu diingat, jangan pernah takut kehabisan ide. Ide itu bisa datang kapan saja. Saat kalian berkata tidak punya ide, sebenarnya kalian tidak benar-benar kehabisan ide melainkan kalian sedang malas atau menyembunyikan ide tersebut dalam hati dan tidak mau mengeluarkannya. Ide itu tidak pernah habis. Gue pribadi punya pandangan bahwa tulisan dengan hasil ide yang mendadak, hasilnya akan jauh lebih baik ketimbang ide yang direncanakan. Maksudnya begini, kalau kalian mendapatkan ide yang bagus, tulislah! Karena ide yang secara mendadak itu adalah sesuatu yang berharga bagi seorang penulis. Karena ide itu muncul mendadak, otomatis ia akan cepat menghilang. So, kalau tidak cepat-cepat ditulis, ide yang bagus itu akan segera hilang. Terakhir, tulisan yang bagus adalah tulisan yang ditulis dari hati...

Jawaban Bulbo Bena~

========================================

Tentang Seseorang :

1. Siapa yang ada di background handphone kamu? Hello Kitty
2. Siapa orang terakhir yang kamu sms? Sindy
3. Siapa orang terakhir yang kamu bbm? Nggak punya bb hiks L
4. Siapa orang terakhir yang kamu telpon? Bapak brow dun haha
5. Siapa orang yang sekarang ada di sebelah kamuuu hiii... maunya sih kamu, unyuuu
6. Siapa temen kamu yang baru aja ulang tahun? Resti si TOMPEL!! Wkwk~
7. Siapa sih temen yang setiap hari kamu ajak ngobrol? Siapa ya? Ciricuiy~ pastinya dong
8. Kenapa dia? Ya emang tiap hari ketemunya mereka muluan wk
9. Kalo kamu punya duit 100rb, kamu mau traktir siapa dan apa? Mending duitnya buat beli novel deh daripada buat nraktir *gamaurugi*
10. Siapa temen kamu yang pernah bikin kamu nangis? Ah, gue jagoan si anaknya haha palingan dulu temen SD/SMP

Tentang Kamu :

11. Kebiasaan kamu yang patut ditiru orang lain apa sih? Insyaallah rajinnya ajadeh hehe J
12. Kalo kamu mau ngupil bilang-bilang dulu ngga? Ish ngapain, ngumpet-ngumpet lah haha
13. Biasanya kamu buang upil kemana? Sukasuka tangan gue lah
14. Apa sih kebiasaan buruk kamu? Males nyisir kalo abis keramas hehe
15. Bunyi kentut kamu biasanya gimana sih? Duh gimana ya? Ya sewajarnya ajadeh, kalo nggak pess ya dut
16. Binatang apa sih yang menggambarkan kamu bangedh? No comment
17. Alat musik yang bisa kamu mainin? Suling (?) 
18. Biasanya mandi berapa kali sehari? Kalo lagi rajin dua kali, kalo lagi males ya satu kali aja cukup kok wkwk~
19. Benda dari seseorang yang sampe sekarang masih kamu simpen? apa? dari siapa? Gue orangnya menghargai pemberian orang lain. Semuanya masih tersimpan baik-baik dari siapapun itu
20. Benda yang lagi kamu pengenin banget? Semua yang berbau Hello Kitty!!!

Tentang Sekolah / Waktu Sekolah :

21. SMP/SMA mana? (pilih salah satu) SD boleh (?) Hehe canda. SMP deh. Masih belum terlalu pusing itu
22. Nilai paling bagus pelajaran apa? Agama Islam. Alhamdulillah yah *alasyahrini*
23. Kalo jajan ke kantin beli apa? Gorengan
24. Berapa uang jajannya waktu itu? Berapa ya? 10rb kayaknya
25. Pernah jadian ngga waktu itu? sama? Hem mau tau banget ya? Haha
26. Guru yang paling kamu benci? kenapa? Aduh ingatan gue tentang SMP udah agak pudar nih haha
27. Pelajaran yang paling kamu ngga suka? Kayaknya semua pelajaran gue suka. Itu duluuuuu waktu SMP ya haha
28. Siapa temen kamu yang paling aneh di kelas? kenapa? Nggak enak ah sebut merk
29. Gebetan kamu waktu itu? Temen kelas
30. Yang paling kamu kangenin dari sekolah? Temeeeeeeen!!

Tentang Si Dia :

31. Gebetan / Pacar? Gebetan deh soalnya lagi nggak punya pacar nih *miris*
32. Siapa tuh namanya berani sebut ngga? Siapa ya? Kasitau nggak yaa?
33. Kenal dimana? Pengen tau banget emangnya?
34. Tau makanan kesukannya ngga? Ih kok KEPO sih? Wkwk~
35. Kira-kira dia lagi ngapain ya sekarangg? Hanya dia & Allah yang tau
36. Kenapa sih kamu suka sama dia? Karena dia mencuri hatiku, awww
37. Dia unyu banget kalo lagi ngapain sih? Kali ini hanya gue dan Allah yang mengetahuinya haha
38. Lagu yang kamu dan dia banget? Sebatas Mimpi-nya Monita L
39. Terakhir kali ketemu dia kapan? dimana? Forget. Udah lama soalnya
40. Pengen banget pergi kemana sih sama dia? Kemana aja asalkan sama dia gue udah alhamdulillah kok aw aw aw. Yah galau deh~

Tentang lain-lain :

41. Pengen banget bisa ngelakuin apa? Main SAXOPHONE!!
42. Pengen banget pergi ke negara apa? PARIS, Perancis. Eiffel!!!
43. Sesuatu yang pengen banget kamu punya/beli? Liat nomer 20
44. Pekerjaan impian kamu? Penulis, penyiar radio, dan jurnaliiiiis!!
45. Artis favorit kamu? AFGAAAAAN!!
46. Kalo skrg kamu bisa ketemu sama siapa aja, pengen ketemu siapa? AFGAAAAAAN dongs!
47. Orang pertama yang kamu follow di twitter? Si ndut @kamilliauh :p
48. Benda kesayangan kamu yang ilang? Jam tangan yang hilang saat tafakur alam hiks~
49. Sesuatu yang kamu jago banget ngelakuinnya? Ngelipet semua bungkus jajanan jadi bentuk....ah gue gatau nama bentuknya hehe pokoknya orang-orang di sekitar gue udah tau kelihaian gue itu deh haha
50. -- bonus question -- isi sendiri – kapan ku punya pacar? Wkwk~
========================================

Wednesday, July 20, 2011

Numpang Lewat~

Hello bloggeeeeeer! Long time no see nih yaa. Sebelumnya maaf banget karena baru bisa nongol sekarang. Hampir 3 minggu gue ngga berhubungan sama internet. Alesannya ya satu itu, pulsa modemnya abis -_- (miris). Dan malem ini gue udah bisa internetan lagi juga bukan karena gue udah beli pulsa modem. Melainkan ini gue pake pulsa nyokap gue yang kebetulan dapet bonus internetan dan untungnya lagi bisa dipake di modem gue. Sebenernya banyak banget hal-hal yang mau gue share di sini. Aneh deh, kenapa setiap kali gue lagi banyak banget moment-moment yang seru selalu aja di saat pulsa modemnya abis. Kan gue jadi nggak bisa cerita. Huhu :( Mulai dari kegiatan liburan gue yang udah tinggal kenangan itu, perjuangan gue nyari #PJP, awal masuk sekolah di kelas 12 yang baru, dan lain-lain. Tapi gue nggak bisa nulis sekarang nih. Gue lagi ada pr. Mungkin lain waktu pasti gue cerita hehe. Udah dulu yaa numpang lewatnya. Gue cuma mau sekedar nongol kok buat update sebelum blog gue jamuran hihi. Byee~~~